Anggota
Kelompok :
Berdasarkan
teori Vygotsky, pengalaman-pengalaman yang kelompok kami alami sesuai dengan teori
pembelajaran vygotsky dimana ia mengatakan bahwa proses belajar terjadi pada
dua tahap: tahap pertama terjadi pada saat berkolaborasi dengan orang lain, dan
tahap berikutnya dilakukan secara individual yang di dalamnya terjadi proses
internalisasi. Nah seperti pengalaman yang kami alami dimana masing-masing bisa
lebih memahami pelajaran-pelajaran sekolah setelah mengikuti bimbel yang
kemudian dibantu oleh tentor-tentor untuk mengerjakan hal-hal yang kami rasa
sulit dan tentunya mereka membantu kami memahami pelajaran-pelajaran sekolah
dengan cara yang lebih mudah pastinya. Kemudian setelah kami memahami dan
mengerti apa yang dijelaskan oleh tentor tersebut selanjutnya kami mulai bisa
mengerjakan sendiri pelajaran-pelajaran yang tadinya kami anggap sulit dan
kedepannya kami pun mampu untuk mengerjakan soal-soal yang tingkat kerumitannya
lebih. Nah itulah proses belajar yang dimaksudkan oleh vygotsky pada tahap
pertama ini. Kemudian tahap berikutnya yaitu proses internalisasi yang
merupakan proses belajar yang berlangsung sepanjang hidup kita, mulai dari
lahir sampai akhir hayat kita. Sepanjang
hayatnya seorang individu terus belajar untuk mengolah segala perasaan, hasrat,
nafsu dan emosi yang membentuk kepribadiannya.
Apapun
yang terjadi dalam hidup kita itu merupakan proses belajar.
Namun
pada intinya pembahasan mengenai pengalaman kelompok kami adalah proses belajar
dimana pengalaman tersebut menjadikan kami sedikit demi sedikit memperoleh
kecakapan intelektual melalui interaksi dengan orang yang lebih ahli, ataupun
orang dewasa. Dimana bantuan
atau support yang diberikan, dimaksudkan agar kami nantinya dapat menghadapi
tingkat kesulitan masalah yang lebih tinggi pada tingkat kognitif masing-masing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar