Rabu, 19 Desember 2012

UAS M.K Psikologi Belajar

Perbandingan pemberian tugas pada mata kuliah Psikologi Belajar dengan mata kuliah lain di semester ini..


Akhir-akhir ini dalam bidang belajar dan pemikiran muncul perspektif baru, yang memperkaya pemahaman mengenai proses belajar yang kompleks. Dalam mata kuliah Psikologi Belajar, tentunya kita diajak untuk memahami kajian penting dalam belajar, bagaimana sumber daya yang tersedia untuk memahami belajar, teori-teori yang menjelaskan, pengaplikasian konsep ke latar pembelajaran, kemudian media-media yang mendukung untuk proses dalam belajar. Sama hal nya dengan mata kuliah lain, dimana didalamnya juga terdapat proses-proses belajar dan pengaplikasiannya agar dapat diterapkan dan dipahami dengan baik. Namun dalam hal pemberian tugas, mata kuliah Psikologi Belajar berbeda dengan mata kuliah lain. Pada mata kuliah lain, tugas yang diberikan sesuai dengan topik dan tingkat kerumitannya masing-masing, memang tidak jauh berbeda dengan mata kuliah psikologi belajar namun dalam mata kuliah ini tugas yang biasa dikerjakan tidaklah serumit yang ada dipikiran. Biasanya dosen pengampu memberikan tugas yang sesuai dengan topik yang dipelajari kemudian teorinya dihubungkan dengan permasalahan atau kejadian yang terjadi saat itu. Mengapa saya katakana tidak terlalu rumit, karena semua tugas tersebut apabila dapat dipahami teori atau konsepnya maka akan mudah untuk mengerjakan selain itu juga buku cetak (Learning and Instruction; Margaret E. Gredler) yang digunakan juga salah satu media alat bantu yang baik untuk mendukung proses pembelajaran dan pengerjaan tugas. Sebab untuk mata kuliah ini, bila mengaplikasikan tugas dengan teori-teori dan konsep yang di buku cukup praktis dan lengkap walaupun sekarang sudah dapat dengan mudah melalui searching dari internet. Sedangkan pada mata kuliah lain pada semester ini, saya merasa cukup sulit dalam proses pengerjaannya. Mungkin dikarenakan juga tuntutan dalam mata kuliah tersebut yang menuntut mahasiswa agar lebih kritis dan terampil dalam menerapkan konsep yang telah dipelajari dengan tugas-tugas yang diberikan. Selain itu peranan kelompok juga termasuk dalam proses pengerjaan tugas, dalam mata kuliah psikologi belajar kelompok dapat dengan mudah dan fleksibel dalam mengerjakan tugas karena kapasitas pada tiap kelompok tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit sehingga dapat dengan adil dalam pembagian tugasnya masing-masing. Berbeda dengan mata kuliah lain yang berhubungan dengan kelompok, namun tetap juga tergantung pada mata kuliah mana yang memang benar-benar harus memiliki anggota kelompok yang lebih dari 5 atau lebih. Namun terkadang dalam satu kelompok yang terdiri dari banyak anggota dapat meningkatkan tingkat kemalasan seseorang untuk ikut campur dalam pengerjaan tugas dalam kelompoknya. Kemudian juga adanya faktor eksternal yaitu teman satu kelompok yang selalu ingin mendominasi kelompok, menyebabkan ketidak kompakan sebuah tim. Jadi kita harus dapat menyesuaikan diri dan mengikuti aturan yang berlaku dalam kelompok tersebut, belajar untuk selalu aktif, berkomunikasi satu sama lain. Misalnya pada sebuah mata kuliah tertentu yang penugasan selalu dilakukan berkelompok,dan setiap selesai mengerjakan tugas harus menterterakan nama-nama anggota dan tugas yang ia kerjakan, bila anggota tersebut tidak memberikan kontribusi atau tidak mengerjakan apa-apa maka namanya diberikan keterangan sebagai  anggota yang tidak memberikan kontribusi dalam tugas. Sedangkan dalam mata kuliah psikologi belajar, karena anggota dalan kelompok kapasitasnya cukup, membuat penugasan dapat dibagi dengan efektif, komunikasi dalam kelompok juga menjadi lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar