Minggu, 09 Desember 2012

Hasil Analisis Tugas Observasi SMK TRITECH INFORMATIKA

Data Observasi..

Nama observer         : Elienz Vidella Tarigan

NIM                            : 10-028

Kelas yang diobservasi       : XI MM – 2 Reguler

Mata Pelajaran         : Multimedia

Nama Guru               : Dira Urdi Permana,ST

Waktu Observasi     : Rabu, 5 Desember 2012, 11.45 WIB s/d 12.15 WIB

Durasi Observasi     : 30 menit

Jumlah siswa dalam kelas :
 21 orang ( 10 laki-laki dan 11 perempuan)

Media Pembelajaran yang digunakan Guru   :
Laptop , TV LCD

Media Pembelajaran yang digunakan Siswa  :
Laptop , Alat tulis

Situasi fisik kelas     :
Kelas berbentuk persegi empat, satu sisi kelas dibatasi oleh kaca tembus pandang berwarna gelap, dibagian depan kelas terdapat dua buah AC, satu kipas angin berukuran besar dan satu kipas angin berukuran kecil, satu TV LCD berukuran 42” yang dibawahnya terdapat white board, kemudian pada dinding sisi sebelah kiri terdapat beberapa kaca pembatas ruangan yang diletakkan didinding tersebut, dinding kelas berwarna putih, kemudian atap kelas ada dua atau tiga petak yang bolong (mungkin dikarenakan masih ada renovasi).

Alat Observasi                      :
Handphone



Analisis..

    Analisis kegiatan observasi berikut menggunakan Tabel 5.7 (Kaitan antara Tahapan Belajar dengan Peristiwa Pembelajaran) ,dari observasi yang telah dilakukan yang pertama dapat dilihat dari Persiapan Belajar, adapun tahapan belajarnya yaitu mengarahkan perhatian, ekspektasi, retrieval untuk dimasukkan keingatan kerja. Untuk persiapan dalam belajar sebaiknya diawali dengan menarik perhatian murid kemudian murid memahami tujuan dari pelajaran tersebut sehingga akhirnya dapat mendorong siswa untuk mengingat kembali pelajaran sebelumnya. Dalam tahapan ini murid-murid SMK Tritech melakukannya cukup baik walaupun ada beberapa murid yang kurang dalam proses retrieval, karena murid tersebut kurang merangsang ingatan atas belajar yang telah dipelajari sebelumnya terlihat ketika murid tersebut berkali-kali meminta pengarahan cara kerja dari awal kepada teman dan guru yang mengajar.
    Kemudian yang kedua mengenai akuisisi dan kinerja, adapun tahapan belajarnya yaitu persepsi selektif atas ciri stimulus, penyandian semantik, retrieval dan respons, penguatan.Pada tahap ini terdapat situasi yang dengannya pemelajar berinteraksi selama pembelajaran diberikan terlebih dahulu yakni ketika guru memberikan penjelasan dan arahan untuk pengerjaan tugas kepada murid-muridnya, sehingga komunikasi ke pemelajar harus menstimulasi arah pemikiran untuk mencegah proses belajar keluar dari jalur. Saat murid mengerjakan tugas yang diberikan sebagai latihan untuk melihat respon dari proses belajar, guru juga memberikan tanggapan yang mengindikasikan koreksi yang diperlukan atau penguatan dengan mengonfirmasikan bahwa tujuan sudah tercapai.
    Terakhir mengenai transfer belajar, adapun tahapan belajarnya yaitu pemberian petunjuk retrieval dan generalisasi. Bagian akhir dari pembelajaran adalah memberikan asesmen atas belajar hal yang baru dan diikuti dengan petunjuk tambahan tentang retrieval dan transfer. Jadi contoh baru harus diberikan kepada siswa untuk memastikan bahwa belajar mereka tidak terbatas pada contoh yang sudah diperkenalkan dalam kegiatan pembelajaran inti. Kegiatan tersebut telah sesuai dengan yang dilakukan oleh guru kepada murid-muridnya, dilihat dari pemberian tugas yang lebih dari satu macam, pertama murid diminta untuk mengubah suara bahasa dalam sebuah film kemudian mengubah suara bahasa dalam sebuah lagu. Pembelajaran kemudian diakhiri dengan stimuli yang secara khusus didesain untuk memperkuat retensi dan transfer dengan kata lain untuk melihat kembali hasil yang sebelumnya dapat dibuktikan pada saat ulangan mendatang.


Dokumentasi..






......Kondisi Fisik Kelas





......Peranan Guru



 

......murid-murid xi MM-2 reguler







Tidak ada komentar:

Posting Komentar